Review Asus Zenbook 14 OLED: Laptop Berkualitas dengan Harga Terjangkau


Asus Zenbook 14 OLED

Asus Zenbook 14 OLED

Asus Zenbook 14 OLED. Prosesor mobile Ryzen 7 8840HS dari AMD semakin kompetitif dengan lini mobile Core dari Intel, bahkan mengungguli dalam hal daya tahan baterai. Prosesor baru ini memberikan keunggulan bagi Asus Zenbook 14 OLED dibandingkan dengan laptop-laptop lain yang menggunakan prosesor Intel.

Spesifikasi dan Fitur Asus Zenbook 14 OLED

Fitur utama dari laptop ini adalah prosesor AMD Ryzen 7 8840HS yang menjanjikan kinerja yang tangguh. Chip baru dari AMD ini akan menarik untuk diuji performanya dibandingkan dengan chip AMD sebelumnya maupun dengan seri terbaru Intel Core Ultra 7.

  • CPU: AMD Ryzen 7 8840HS
  • Memory: 16GB LPDDR5x 
  • Graphics/GPU: AMD Radeon integrated
  • Display: 1920×1200 OLED 60Hz touchscreen
  • Storage: 512GB PCIe 4.0 NVMe solid state drive
  • Webcam: 1080p camera with IR sensor for Windows Hello, physical privacy shutter
  • Connectivity: 1x USB-C 4 Gen 3 with DIsplayPort and Power Delivery, 1x USB-C 3.2 Gen 2 with DisplayPort and Power Delivery, 1x USB-A 3.2 Gen , 1x HDMI 2.1, 1x 3.5mm combo audio jack
  • Networking: Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3
  • Biometrics: Windows Hello facial recognition 
  • Battery capacity: 75 watt-hours
  • Dimensions: 12.3 x 8.67 x .59 inches
  • Weight: 2.82 pounds
  • MSRP: $849.99

Laptop ini mengusung spesifikasi khas anggaran hingga menengah, termasuk 16GB memori, 512GB penyimpanan solid-state, dan layar sentuh OLED 1920×1200. Asus menetapkan harga Zenbook 14 OLED mereka dengan harga eceran MSRP sekitar $850, yang tentu saja merupakan harga yang wajar untuk perangkat keras tersebut.

Asus Zenbook 14 OLED: Desain dan kualitas bangunan

Asus Zenbook 14 OLED: Desain dan kualitas bangunan

Asus Zenbook 14 OLED, seperti pendahulunya, adalah sebuah lempengan hitam yang hanya dihiasi dengan ukiran halus di seluruh penutup layarnya. Saya selalu menggerutu tentang hal ini karena saya ingat ketika Zenbook memiliki desain lingkaran konsentris yang menakjubkan yang berbeda dari yang lain. Desain Zenbook 14 OLED saat ini tidak menyinggung, tetapi para pembeli yang menginginkan tampilan yang lebih mewah sebaiknya mempertimbangkan Lenovo Slim 7 14.

Ini adalah desain yang fungsional, setidaknya. Zenbook ini hanya sedikit lebih dari 12 inci lebarnya dan kurang dari sembilan inci kedalamannya, serta kurang dari 0,6 inci tebalnya. Ini juga ringan dengan berat hanya 2,82 pound. Angka-angka ini sangat bagus. Ini hanya lebih berat satu ons daripada MacBook Air M1 13 atau Dell XPS 13, dan lebih ringan dari Lenovo Slim 7 14 atau Dell Inspiron 14 Plus.

Mengejutkannya, desain ringan Zenbook tidak mengorbankan kualitas bangunan. Casisnya memungkinkan fleksibilitas minimal dan terasa kokoh ketika ditangani kasar. Engsel layar yang lebar, yang hampir sebesar laptop itu sendiri, memberikan ketegangan yang baik, namun masih memungkinkan untuk membuka laptop dengan satu jari. Ini adalah hal yang bagus untuk dilihat di laptop mana pun, tetapi terutama dihargai di perangkat yang ramah anggaran.

Keyboard dan Trackpad Asus Zenbook 14 OLED

Keyboard dan Trackpad Asus Zenbook 14 OLED

Saya cukup puas, meskipun tidak terlalu senang, dengan keyboard Asus Zenbook 14 OLED. Meskipun beberapa tombol agak kecil, seperti tombol backspace, tata letaknya luas dan lebih nyaman dibandingkan dengan kebanyakan laptop 14 inci lainnya. Ada cukup ruang di bagian sandaran telapak tangan juga, sehingga kram pergelangan tangan tidak mungkin terjadi.

Rasanya pada tombol-tombol tersebut dapat diterima. Ada jumlah perjalanan yang cukup dan aktivasi tombol yang tajam, tetapi aksi penekanannya terasa tiba-tiba. Ini sepenuhnya dapat digunakan dan sebanding dengan banyak laptop, tetapi beberapa pesaing dengan harga serupa, seperti Lenovo Slim 7 14, memiliki keunggulan sedikit. Lampu latar keyboard LED putih disertakan dan berfungsi dengan baik, memberikan beberapa tingkat kecerahan tanpa yang terlalu redup atau terlalu terang.

Touchpad memiliki lebar sekitar lima inci dan kedalaman tiga inci. Itu cukup ruang untuk navigasi mouse dan umumnya bagus untuk gerakan multitasking Windows, dengan satu pengecualian. Saya ingin melihat sedikit lebih banyak kedalaman, karena tiga inci hampir tidak cukup untuk menggunakan gerakan dua jari untuk menggulir halaman web atau dokumen. Masih ada beberapa perempat inci ruang di atas dan di bawah touchpad yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh Asus di versi mendatang.

Zenbook 14 OLED: Layar dan Audio yang Menawan

Zenbook 14 OLED: Layar dan Audio yang Menawan

Asus Zenbook 14 OLED dibekali layar sentuh OLED dengan resolusi 1920x1200 piksel dan refresh rate maksimal 60 Hz. Ini merupakan panel OLED kelas pemula, dengan resolusi lebih rendah dibanding standar 2880x1800 yang umumnya ditemukan pada laptop premium.

Meskipun begitu, layar ini tetap menawarkan keunggulan khas OLED, yaitu rasio kontras luar biasa dan warna yang tajam. Film dan game pun terlihat realistis dan hidup.

Layar sentuh menjadi nilai tambah tersendiri. Fitur ini tidak selalu ada pada kompetitor sekelasnya, karena beberapa produsen memasangkan layar sentuh hanya pada perangkat 2-in-1. Sentuhan menawarkan kemudahan ekstra untuk aplikasi yang mendukung, dan menyenangkan melihatnya hadir pada laptop terjangkau.

Layar ini cukup terang, namun bisa sedikit terganggu di ruangan bercahaya atau luar ruangan. Hal ini diperparah oleh lapisan layar yang memantulkan cahaya cukup kuat. Dukungan HDR memang ada dan berfungsi baik untuk ukuran laptop, tetapi keterbatasan kecerahan layar membuatnya kurang optimal menampilkan konten HDR secara maksimal.  Namun perlu dicatat, kelemahan ini juga ditemui pada kompetitor di kisaran harga serupa.

Untuk urusan audio, Zenbook 14 OLED justru memberikan kejutan menyenangkan. Laptop ini memiliki speaker menghadap ke bawah dengan embel-embel Harman Kardon, yang mampu menyuguhkan pengalaman terbaik dengan volume maksimal yang tinggi dan dentuman bass yang cukup terasa. Memang, pada volume maksimal dan musik kompleks, suara bisa sedikit terdistorsi. Namun secara keseluruhan, kualitas audio tetap menyenangkan dan pengguna awam tidak perlu repot-repot menggunakan speaker eksternal atau headset.

Asus Zenbook 14 OLED: Kamera Web, Mikrofon, Biometrik

Sebuah kamera web 1080p tertanam di bezel atas Asus Zenbook 14 OLED. Ini memberikan video yang jernih dengan reproduksi warna yang baik dengan paparan yang seimbang. Saya rasa kualitas kamera web ini tidak terlalu mencolok pada tahun 2024, karena sebagian besar laptop sekarang telah beralih ke kamera web 1080p juga, tetapi tetap sangat baik untuk panggilan video dan kebutuhan perekaman video yang kurang menuntut. Laptop ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang ditenagai AI termasuk latar belakang kabur, framing otomatis, dan koreksi kontak mata.

Asus menyediakan tutup privasi fisik yang meluncur di atas kamera dan sepenuhnya memblokirnya. Tutup ini berwarna merah terang, sehingga mudah untuk mengetahui kapan aktif (atau tidak). Tutup ini tidak menonaktifkan mikrofon.

Array mikrofon laptop ini menangkap audio dengan reproduksi yang jelas dan jernih, dan dengan mudah menangkap suara saya bahkan ketika saya berbicara dengan lembut. Pembatalan kebisingan yang ditenagai AI disertakan dan dapat menghilangkan sebagian besar kebisingan latar yang berulang. Laptop ini juga menyertakan beberapa mode pembatalan kebisingan untuk situasi yang berbeda: satu pembicara, beberapa pembicara, dan mode "360-derajat" untuk menangkap semua suara di sekitar laptop. Mode-mode ini secara signifikan mengubah bagaimana mikrofon berperforma, jadi penting untuk menggunakan mode yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Login biometrik didukung melalui Windows Hello pengenalan wajah. Ini berfungsi dengan baik, seperti biasa, dengan login cepat dan dapat diandalkan setelah fitur ini diatur. Namun, Zenbook tidak memiliki fitur deteksi kehadiran manusia otomatis yang ditemukan pada beberapa alternatif, seperti Lenovo Slim 7 14. Laptop itu dapat secara otomatis mendeteksi ketika Anda mendekati laptop dan kemudian mengaktifkan Windows Hello untuk login yang mulus, tanpa sentuhan.

Asus Zenbook 14 OLED: Konektivitas

Konektivitas Asus Zenbook 14 OLED agak terbatas tetapi mencakup semua yang diperlukan. Laptop ini memiliki satu port USB-C 4.0 dan satu port USB-C 3.2; kedua port ini mendukung DisplayPort Alternate Mode dan pengisian daya. Artinya, keduanya dapat terhubung ke monitor eksternal atau digunakan untuk mengisi daya laptop.

Port-port ini dilengkapi dengan satu port USB 3.2 Gen 1 untuk menghubungkan perangkat kabel yang lebih tua. Laptop ini juga dilengkapi dengan satu port HDMI 2.1 dan jack audio combo 3.5 mm. Saya ingin melihat adanya port USB tambahan, dan sebenarnya ada ruang di laptop untuk itu. Ethernet juga absen, jadi internet kabel bukanlah pilihan tanpa adaptor.


Konektivitas nirkabel mencakup Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Saya ingin melihat dukungan Wi-Fi 7 karena itu adalah standar terbaru, tetapi itu tidak umum di antara laptop dengan harga terjangkau. Wi-Fi 6E akan mencukupi untuk bertahun-tahun ke depan dalam kasus apa pun, karena kebanyakan orang belum mengupgrade router mereka ke standar yang lebih lama. Saya juga menemukan Wi-Fi ini cepat dan dapat diandalkan karena berfungsi dengan baik, bahkan di kantor saya yang terpisah, yang terletak beberapa dinding dan lebih dari 15 meter dari router saya.

Asus Zenbook 14 OLED: Performa

Performa Zenbook 14 OLED patut diperhatikan berkat prosesor AMD Ryzen 7 8840HS. Chip baru dari AMD ini memiliki delapan inti dan 16 thread, dan diproduksi menggunakan proses 4-nanometer yang relatif baru dari TSMC. Prosesor ini juga mengintegrasikan grafis AMD Radeon RX 780M dengan 12 unit komputasi, yang merupakan versi paling mumpuni dari grafis terintegrasi Radeon yang tersedia saat ini.

Zenbook memulai dengan sangat baik dalam PCMark 10 dengan skor 6.772. Skor tersebut lebih tinggi dari kebanyakan laptop sebanding, kecuali Dell Inspiron 14 7440, yang mengungguli dengan selisih beberapa ratus poin. Kemenangan Asus atas Lenovo Slim 7 14 dan Acer Swift Go 14 patut diperhatikan karena keduanya adalah pesaing langsung dengan harga yang sama.

Performa Laptop Asus Zenbook 14 OLED

Cinebench R20, yang merupakan benchmark CPU multithreaded berdurasi singkat, menghasilkan hasil yang mirip dengan PCMark 10. Sekali lagi, Zenbook sedikit kalah dari Dell Inspiron 14 Plus, tetapi mengalahkan laptop-laptop lain yang baru-baru ini diuji dengan prosesor Intel Core Ultra 7 155H. Zenbook baru ini menikmati peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Ryzen 7 7730U yang lebih lama, yang kami uji pada Zenbook 14 OLED tahun lalu.

Performa Laptop Asus Zenbook 14 OLED

Handbrake sedikit mengubah peringkat. Ini adalah benchmark CPU multithreaded berdurasi lama, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi solusi pendinginan laptop untuk lebih menentukan performanya karena banyak laptop akan menghadapi batas termal dalam uji ini. Namun, hasil Zenbook cukup baik dan berada di tengah laptop-laptop anggaran dan menengah yang baru-baru ini diuji.

Selanjutnya adalah 3DMark Time Spy, yang kami gunakan untuk menguji laptop dengan grafis terintegrasi. Zenbook baru ini mencatat hasil yang sehat namun biasa-biasa saja sebesar 3.160. Di sisi positif, ini adalah skor yang cukup tinggi untuk grafis terintegrasi, dan ini merupakan upgrade besar dibandingkan Zenbook 14 OLED berbasis Ryzen sebelumnya. Namun, hasil ini sedikit kalah dari grafis terintegrasi Intel Arc. Perbedaannya tidak cukup terasa dalam permainan dunia nyata, tetapi memang ada.

Performa Laptop Asus Zenbook 14 OLED

Zenbook 14 OLED bukan laptop gaming, dan tidak akan berperforma baik dalam game AAA terkini yang ditargetkan untuk konsol game generasi saat ini seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X. Namun, laptop ini dapat mengatasi sebagian besar game dari generasi konsol sebelumnya, meskipun dalam beberapa kasus dengan pengaturan rendah hingga medium.

Jelas bahwa AMD memiliki pemenang dengan Ryzen 7 8840HS, dan hal itu menguntungkan Zenbook. Performanya sebanding atau sedikit melebihi laptop-laptop yang dilengkapi dengan Intel Core Ultra 7 155H, yang populer dalam kisaran harga ini. Saya juga perhatikan bahwa Zenbook tersebut hening, dengan kipas hanya terdengar saat benchmark yang paling menuntut. Ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa pun yang menginginkan mesin yang cukup cepat namun terjangkau.

Asus Zenbook 14 OLED: Umur baterai

Baterai berkapasitas 75 watt-hour menyediakan daya bagi Zenbook 14 OLED ketika jauh dari stop kontak. Ini bukanlah baterai yang tidak biasa besar untuk laptop 14 inci, tetapi lebih besar dari rata-rata, karena kebanyakan pesaing memiliki baterai dengan kapasitas sekitar 65 watt-hour. Baterai besar, bersama dengan prosesor AMD Ryzen yang hemat daya, menghasilkan umur baterai yang sangat baik.

Saya mendapatkan lebih dari 16 jam umur baterai dalam uji coba baterai standar kami, yang mengulang-ulang file 4K dari film pendek Tears of Steel. Hasil itu jauh lebih unggul dari banyak pesaing dan dalam beberapa kasus sekitar 50 persen lebih baik dari hasil yang dicatat dari alternatif, seperti Acer Swift Go 14 dan Lenovo Slim 7 14.

Umur baterai dalam kehidupan nyata juga sangat baik dalam pengalaman sehari-hari saya. Menggunakan laptop secara konstan untuk alur kerja harian saya, yang melibatkan banyak menulis, sedikit menjelajah web, dan sedikit mengedit foto, menguras sekitar 15 persen baterai setiap dua jam. Saya biasanya menggunakan laptop untuk setengah hari kerja saya, jadi saya hanya perlu mengisi daya laptop sekali setiap tiga hari.

Penting untuk dicatat bahwa baterai bisa, dalam teori, habis lebih cepat dalam beban kerja yang berat dan berkelanjutan (seperti gaming 3D atau mengkodekan video panjang), yang benar untuk semua laptop modern. Tetapi umur baterainya mengesankan dalam penggunaan yang tipikal.

Kesimpulan Asus Zenbook 14 OLED: 

Asus Zenbook 14 OLED UM3406 adalah laptop anggaran yang luar biasa. Meskipun tidak terlihat istimewa, laptop ini memberikan kinerja yang luar biasa dalam berbagai pengujian, umur baterai yang panjang, kualitas bangunan yang solid, layar OLED yang sangat baik, speaker yang kuat, dan webcam yang berkualitas. Bahkan kelemahan laptop ini, seperti keyboard dan konektivitasnya, adalah rata-rata untuk harga tersebut dan bersaing dengan alternatif lainnya. Ini bukan laptop kinerja atau gaming, jadi memiliki batas-batasnya—tetapi jika Anda mencari laptop Windows yang sangat baik secara keseluruhan dengan harga yang pantas, sulit untuk dikalahkan.



Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url